website hit counter

Jenis Kekentalan Oli Mesin Mobil

Mengenal Jenis Oli Berdasarkan Kode Angka yang Tertera Pada Kemasannya. Karena penggunaan jenis oli juga harus menyesuaikan dengan spesifikasi kendaraan.


Acuan Viskositas Pelumas Untuk Mobil Keluaran Terbaru Otosia Com

Umumnya mobil sekarang punya kekentalan lebih rendah dari 5W-30 Contoh.

Jenis kekentalan oli mesin mobil. Jenis Kekentalan Oli Mesin Mobil Tingkat Kekentalan dan Artinya. Pada kemasannya oli terdapat kode berupa huruf dan angka misalkan SAE 5W-30. Momobilid Jika melihat kemasan botol pelumas ada semacam kode Society of Automotive Engineers SAE yang tertera di botol tersebut.

Tetapi yang terbaik adalah mengikuti viskositas sesuai permintaan mesin. Oli mesin sangatlah penting untuk menjaga kinerja mesin mobil Anda. Selanjutnya untuk oli yang diperuntukkan mobil berbahan bakar solar biasanya kemasan terdapat kode API C commercial.

Jenis-Jenis Oli pada Kendaraan. Kode ini biasanya bertuliskan 10W-30 10W-40 20W-40 maupun 20W-50. Jenis Oli Pelumas Mobil Motor Mesin Lainnya.

Kata kekentalan menjelaskan seberapa mudahnya oli mesin mengalir. Tapi ada juga oli yang bisa digunakan untuk kedua jenis mesin atau double grade. Kental atau encernya oli bisa dilihat dari kode SAE.

Namun mobil-mobil keluaran baru membutuhkan oli yang encer agar performa mesinnya lebih enteng. Yang membedakan oli mobil satu dan yang lainnya yaitu tingkat kekentalan atau viscosity setiap pelumas. Keseimbangan ini berfungsi agar oli tidak masuk ke dalam ruang bakar mesin begitu saja.

Pada kode huruf ke 2 menandakan karakter kualitas terbaru dari Oli misalnya API SJ merupakan jenis oli. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari gesekan antar elemen mesin. Misalnya SAE 5W SAE 10W atau SAE 20W.

Lumrahnya jenis oli mobil tidak banyak berbeda dan memiliki fungsi untuk meningkatkan kinerja mesin mobil agar lancar saat dikendarai. Untuk menjaga agar kualitas oli tetap baik Anda perlu mengganti oli dalam kurun waktu yang ditentukan. Kode S digunakan pada oli mesin bensin dan kode C digunakan pada oli mesin diesel.

Oli adalah salah satu komponen kendaraan yang sangat penting. Jenis pelumas ini ditandai dengan adanya dua kode pada kemasan seperti kode API SNCF ucapnya. Di sini kami menerangkan apa arti deskripsi seperti 0W-20 dan 5W-40.

Salah satu perawatan kendaraan yang penting adalah penggantian oli. Namun oli tidak hanya harus bekerja dengan baik saat dinyalakan suhu mesin masih. Fungsi oli yang cukup vital yaitu mampu menahan suhu panas yang terdapat pada mesin mobil.

Tanpa adanya oli mesin mobil akan cepat panas dan mobil pun mudah rusak. Sebab bisa berakibat menguapnya oli. Kadar kekentalan ini dapat diketahui dari kode kombinasi huruf dan angka yang tertera di kemasan.

Mobil yang menggunakan mesin tekonologi lama sebaiknya tidak menggunakan oli yang encer dengan tingkat kekentalan SAE 5W-40 atau SAE 0W-20. Oli memiliki fungsi utama sebagai pelumas mesin. Fungsi utama oli yakni sebagai pelumas mesin.

Pada oli mesin mobil biasanya diikuti huruf W singkatan dari winter musim dingin yang artinya penggunaan oli tersebut bisa sampai -20 derajat celcius. Tujuannya agar tidak salah membeli dan memakai oli. Banyak orang yang ingin mengganti oli mesin sendiri karena menggantinya di bengkel membutuhkan biaya cukup besar.

Alasan Pelumas Kendaraan Bermotor Perlu Diganti Secara Berkala. Sedangkan untuk mobil muda oli dengan tingkat kekentalan. Persamaan dari Oli Gardan dan Oli Mobil yakni mengurangi gaya gesekmeredam panasagar tidak cepat aussmentara yang membedakan untuk jenis oli yang digunagan pada gardan secara fisik adalah tingkat kekentalan Oli Gardan lebih kental dari oli Mesin Oli.

Berbeda dengan mobil baru untuk yang telah berusia di atas 5 tahun disarakan mengunakan pelumas dengan SAE di atas 10W-40. Fungsi oli yang cukup vital yaitu mampu menahan suhu panas yang terdapat pada mesin mobil sehingga mobil. Namun ternyata banyak sekali jenis oli mesin di pasaran.

Cara Mengetahui Kekentalan Oli Mesin Lewat Kode Kemasan. Bila pada kemasan oli tersebut tertera angka SAE 5W-30 berarti oli memiliki kekentalan 5 pada temperatur dingin di musim dingin Winter dan kekentalan 30 pada temperatur 100 derajat celcius. Untuk itu oli dengan SAE 10W-40 ke bawah disarankan agar digunakan pada mobil-mobil.

Mengetahui kekentalan Jenis Oli untuk mobil baru. Manakah oli yang tepat untuk mobil AndaMaka dari itu. Tingkat kekentalannya memang berbeda walau pada prinsipnya oli mesin mobil berfungsi melapisi seluruh komponen di dalam mesin mobil.

Memiliki kendaraan seperti mobil untuk menunjang aktivitas sehari-hari membutuhkan perawatan khusus agar kondisinya tetap baik. Oli diperlukan untuk menempel dan menjadi pelumas di komponen-komponen logam mobil. Perbedaan Kekentalan Oli Untuk Mobil Tua.

Yang membedakan oli mobil satu dan yang lainnya yaitu tingkat kekentalan atau viscosity setiap pelumas. Kode kekentalan ini sebaiknya diketahui oleh pemilik kendaraan.


Ini Arti Kode Viskositas Oli Mesin Mobil


Tips Mengetahui Kekentalan Oli Mesin Mobil Dari Kemasannya


Mengenal Oli Yang Cocok Untuk Mobil


Pin Di Infografik Mild Report