Jumat, 18 Oktober 2024

Breaking News

  • UAS Sebut Akan Berjuang Sampai Tetes Darah Terakhir Untuk Kemenangan Bermarwah   ●   
  • Polres-Bawaslu Kuansing Bahas Isu Negatif Pilkada 2024   ●   
  • Grafik Harga Emas Antam Hari Ini Naik Rp7.000 Per Gram   ●   
  • Oknum Guru dan 2 Mahasiswa Sebarkan Konten Porno di Medsos Ditangkap Polisi   ●   
  • Ada Ribuan Investasi dan Pinjol Ilegal di Riau, OJK Imbau Warga Cermat dan Waspada   ●   
Pemkab Rohul Berhasil Pertahankan Predikat Opini WTP Atas LHP Audit LKPD Rohul Tahun 2023
Kamis 23 Mei 2024, 10:15 WIB

PASIRPENGARAIAN (TABLOIDRAKYAT) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) berhasil mempertahankan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Rohul Tahun Anggaran 2023 dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Riau.

Predikat ini diberikan, Rabu (22/5), dalam acara penyerahan LHP atas LKPD Tahun Anggaran 2023 pemerintah kabupaten/kota se-Riau di ruang rapat BPK Perwakilan Riau di Pekanbaru. Predikat WTP ini merupakan capaian yang kedelapan kali diterima Pemkab Rohul secara beruntun, terhitung sejak tahun 2017 atas LHP audit LKPD Tahun Anggaran 2016 hingga tahun ini.

Prestasi ini sebagai bentuk pengakuan dari BPK Perwakilan Riau atas komitmen pemerintah daerah di bawah kepemimpinan H Sukiman sebagai Bupati Rohul serta didukung DPRD Rohul dalam upaya mewujudkan pengelolaan penatausahan keuangan daerah yang transparan, akuntabel serta memperkuat sistem dan prosedur pengawasan internal terhadap penggunaan APBD Rohul.

Di samping menyampaikan LHP atas LKPD Rohul tepat waktu kepada BPK Perwakilan Riau, penyajian LKPD dinilai telah melalui standar operasional pemerintah dengan mengikuti regulasi yang ada dan pengungkapan yang wajar.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau Jariyatna SE MM Ak dalam sambutannya mengumumkan, kabupaten/kota yang meraih prediket opini WTP terhadap LHP atas LKPD Tahun 2023, salah satunya Rohul. Dalam acara tersebut, Kepala BPK Perwakilan Riau juga menyerahkan LHP terhadap LKPD Rohul Tahun Anggaran 2023 kepada Bupati Rohul H Sukiman bersama Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra ST MSi.

Turut hadir menyaksikan, Ketua DPRD, Bupati, Wali Kota se- Riau, pengendali teknis, ketua dan anggota tim pemeriksa BPK Perwakilan Riau. Turut mendampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Inspektur Daerah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Sekretaris DPRD se-Riau, dan tamu undangan lainnya.

Dalam acara penyerahan LHP terhadap LKPD Tahun Anggaran 2023 pada pemerintah kabupaten/kota se-Riau ini, Bupati Rohul dua periode Sukiman mendapat penghormatan dan kepercayaan dari BPK Perwakilan Riau untuk menyampaikan sambutan sebagai perwakilan kepala daerah se-Riau atas diterimanya LHP terhadap LKPD Tahun Anggaran 2023.

‘’Mewakili kepala daerah se-Riau, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPK yang telah melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi dan profesionalisme. Diketahui bersama, LHP ini merupakan cerminan dari transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah, yang merupakan bagian penting dalam upaya kita bersama menuju tata kelola pemerintahan yang baik,’’ ujar Sukiman.

Mantan Dandim Indragiri Hilir itu menegaskan, LHP yang diterima oleh pemerintah kabupaten/kota se-Riau ini, tidak hanya sekadar dokumen, tapi itu merupakan alat evaluasi yang sangat penting bagi daerah dalam meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerah. Melalui LHP ini, lanjutnya, pemerintah kabupaten/kota dapat mengidentifikasi berbagai kelebihan dan kekurangan dalam pengelolaan anggaran, serta mencari solusi yang tepat untuk memperbaikinya di masa mendatang.

‘’Kami menerima laporan hasil pemeriksaan ini dengan sikap terbuka dan penuh tanggung jawab dengan berkomitmen untuk menindaklanjuti setiap rekomendasi yang diberikan oleh BPK. Serta melakukan perbaikan dan peningkatan dalam pengelolaan keuangan daerah ke depan,’’ ujarnya.

Sukiman mengakui, dengan adanya kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan BPK maka dapat mewujudkan tata kelola keuangan yang lebih baik, yang pada akhirnya akan membawa manfaat besar bagi masyarakat dan daerah.

‘’Kami akan terus mendorong peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di bidang pengelolaan keuangan serta memperkuat sistem dan prosedur pengawasan internal. Tujuannya untuk memastikan, setiap rupiah dari anggaran daerah dapat digunakan secara efisien, efektif, dan tepat sasaran,’’ jelasnya.


Sumber: Riaupos.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top