Sabtu, 19 Oktober 2024

Breaking News

  • AKD Belum Terbentuk, Fraksi Golkar DPRD Pekanbaru Terbuka Terima Aspirasi Masyarakat Berbagai Dapil   ●   
  • Pemko Pekanbaru Pacu Pendapatan Pajak Daerah Jelang Penutupan Tahn 2024   ●   
  • PHR Gelar Pasar Murah, Masyarakat Terbantu   ●   
  • Hari Ini, SKD CPNS di Riau Dimulai   ●   
  • Pj Bupati Kampar Buka Pelatihan Metode Gasing bagi Tenaga Pendidik SD   ●   
5.708 Mahasiswa Baru Padati Gor Volly untuk PKKMB UIR 2024
Selasa 10 September 2024, 15:50 WIB

PEKANBARU (Tabloidrakyat) - Universitas Islam Riau (UIR) sukses menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun akademik 2024/2025. Giat ini diikuti 5.708 mahasiswa baru di Gor Volly Indoor UIR, Rabu (10/09/2024).

Antusiasme terlihat dari mahasiswa baru program S1 yang berasal dari sembilan fakultas berbeda, yang dengan semangat mengikuti kegiatan ini.

PKKMB UIR ini dirancang selama tiga hari, di mana hari pertama digelar di tingkat universitas, sementara dua hari berikutnya di tingkat fakultas dan program studi. Rektor UIR, Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL, dalam sambutan resminya menyambut para mahasiswa baru sebagai bagian dari keluarga besar UIR.

“Selamat datang di kampus Islam berkelas dunia. Kami ucapkan selamat bergabung dan semoga kalian dapat menjadi generasi yang berakhlak dan berprestasi. UIR berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis ilmu pengetahuan dan takwa,” ujar Rektor.

Dalam acara tersebut, Prof Syafrinaldi juga memperkenalkan seluruh pimpinan fakultas, unit, dan biro di lingkungan UIR. Serta menyampaikan berbagai prestasi yang telah diraih kampus, termasuk pengakuan internasional dari Quacquarelli Symonds (QS) dengan pencapaian bintang 3 QS Star.

"UIR selalu menyediakan sarana dan prasarana belajar yang maksimal untuk menunjang kualitas akademik. Pengakuan QS Star adalah bukti komitmen kami dalam menjaga mutu pendidikan," lanjutnya.

Sepanjang hari pertama PKKMB, mahasiswa baru mendapatkan materi yang bermanfaat dari sivitas akademika UIR dan narasumber eksternal. Mereka diberikan wawasan tentang sistem akademik, pentingnya bela negara, serta pengenalan budaya dan etika kampus. Salah satu pembicara, Ustaz kondang Prof H Abdul Somad Batubara, Lc, DESA, PhD, memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk menjaga integritas dan berbakti kepada orang tua.

"Sebagai mahasiswa, kalian harus menjaga nama baik dan menghindari perbuatan yang melanggar ajaran agama. Berbaktilah kepada orang tua, karena itu adalah salah satu kunci keberhasilan," pesan Abdul Somad.

Di akhir kegiatan, mahasiswa juga diperkenalkan dengan berbagai organisasi kemahasiswaan, seperti BEM UIR, Mapala, Aklamasi, KSR-PMI, serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) lainnya yang berfokus pada pengembangan keterampilan dan olahraga. Tak hanya itu, stand bazaar UMKM dan UKM turut memeriahkan suasana di luar arena Gor Volly.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum YLPI Riau, Prof Dr H Nurman, MSi, Kepala Dinas Operasi Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Ig. Widi Nugroho, ST, MIKom, serta jajaran Wakil Rektor dan pimpinan fakultas lainnya. Kehadiran para tokoh penting ini semakin menambah semarak dan kesan positif bagi para mahasiswa baru yang tengah memulai perjalanan akademik mereka di UIR.

Dengan penuh semangat, kegiatan PKKMB ini diharapkan dapat memberikan bekal kepada mahasiswa baru untuk menghadapi tantangan akademik dan kehidupan kampus yang lebih dinamis. (rilis)

Sumber: Halloriau.com




Untuk saran dan pemberian informasi kepada tabloidrakyat.com, silakan kontak ke email: tabloidrakyat@yahoo.com


Komentar Anda


Copyright © 2023 Tabloidrakyat.com - All Rights Reserved
Scroll to top